Jumat, 25 November 2016

assalamualaikum wr. wb.
Apakabar sobat Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Indonesia !!!!
sahabat FPIK di manapun berada, dari sabang sampai merauke, dari perikanan hingga kelautan, dari darat hingga samudra, dari danau hingga ke sungai sungai.. hehe. banyak banget ya..
Beruntunglah kita sebagai mahasiswa Perikanan dan Kelautan Indonesia. mengapa saya katakan bahwa anda beruntung ? sini saya jelaskan!!
Tahukah anda temen temen FPIK, bahwa kita, iya kita, Indonesia memiliki wilayah perairan yang sangat luas. Hampir 75 % dari seluruh wilayah Indonesia merupakan wilayah perairan pesisir dan lautan. Indonesia adalah negeri kepulauan, negeri bahari dengan 2,7 juta kilometer persegi zona ekonomi eksklusif (ZEE). 
Indonesia juga di kenal sebagai negara dengan garis pantai terpanjang di dunia yaitu 81.000 km. Dengan luas perairan pantai mencapai 5,8 juta km2. Potensi lahan pengembangan budidaya laut di Indonesia juga cukup besar yaitu 80.929 ha. mungkin saat ini pendapatan negara dari sektor perikanan masih di dominasi 90% oleh perikanan tangkap. Namun kedepannya potensi tersebut pasti akan terus menurun seiring dengan menurunnya jumlah ikan di lautan. Kedepannya dunia akan membutuhkan para ahli hatchery perikanan baik perikanan air tawar, air laut, maupun payau. Hal ini di buktikan dengan semakin banyaknya negara-negara yang lebih fokus kepada budidaya daripada penangkapan. Karena mereka mulai sadar betapa pentingnya kegiatan budidaya perikanan dalam memenuhi kebutuhan protein manusia yang tergantung dengan hasil tangkapan. Kini telah di buka tempat tempat budidaya besar di beberapa negara seperti Australia, Jepang, Malaysia, Amerika, Belanda dan lain-lain. Indonesia-pun kini mulai sadar akan potensi kemaritiman Indonesia. Tengok saja misi Presiden kita Ir. Joko widodo dengan Nawacitanya. salah satunya adalah ingin menjadikan Indonesia sebagai poros maritim Dunia.. Woooow !!!
Untuk mewujudkan hal ini tentunya di butuhkan banyak sekali tenaga dari orang-orang Perikan dan Kelautan untuk mengisi pos pos yang strategis di bidangnya.
Intinya berbanggalah menjadi anak Perikanan dan Ilmu Kelautan dimanapun Anda berada.. Tetap Optimis,.. Masa depan sudah menanti anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar